Rabu, 12 Juli 2017

Ini virus yang menyebabkan kanker serviks pada wanita

Ini virus yang menyebabkan kanker serviks pada wanita,- kanker serviks terjadi ketika ada mutasi gen yang mengubah sel mengalami sel mengalami pertumbuhan yang tidak terkontrol.

Penyebab kanker serviks atau leher rahim ini sebenarnya belum jelas di ketahui. Akan tetapi para ahli yakin infeksi virus HPV (human papillomavirus). yang juga menyebabkan penyakit menular seksual ikut berperan dalam menimbulkan kanker.

Berikut ini, Mayo Clinic membagikan informasi penting mengenai hal-hal yang menyebabkan kanker serviks pada wanita. simak selengkpanya:

Jenis kanker serviks
Jenis kanker serviks harus di ketahui untuk membantu dokter menentukan prognosis dan pengobatan yang perlu di lakukan. Setidaknya ada dua jenis kanker serviks yang menyerang wanita.

Squamous cell carcinomas. Kanker serviks jenis ini berkembang dari sel datar (squamos) yang melapisi bagian luar leher rahim. Kebanyakan kanker serviks yang di derita wanita biasanya adalah jenis ini. Adebocarcinomas. kanker serviks jenis ini berawal dari sel-sel kelenjar yang melapisi saluran leher rahim wanita. Terkadang kedua jenis ini berawal dari sel-sel kelenjar yang melapisi saluran leher rahim wanita. Terkadang kedua jenis sel (baik yang datar maupun kelenjar) berperan dalam memunculkan kanker. Jarang ada kasus kanker serviks yang disebabkan oleh sel lain di dalam serviks.

Selain itu, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker serviks pada wanita. apa saja?

Gonta-ganti pasangan.Semakin sering bergonta-ganti pasangan, semakin besar risiko wanita terinfeksi HPV dan terkena kanker serviks.
Seks usia dini. Melakukan hubungan seksual di usia yang masih sangat dini juga meningkatkan risiko infeksi HPV.
Penyakit menular seksual. Jika wanita menderita penyakit menular seksual, seperti chlamydia, kencing nanah, sifilis, atau HIV/AIDS, besar risiko mereka terserang kanker serviks.
Sistem imun rendah. Kebanyakan wanita yang terinfeksi HPV sebenarnya tidak pernah menderita kanker serviks sama sekali. Hal itu dikarenakan sistem imun mereka cukup tinggi. Namun jika terinfeksi HPV dan sistem imun tergolong rendah, wanita berisiko tinggi terserang kanker serviks.
Merokok. Rokok dan infeksi HPV adalah faktor risiko dari kanker serviks.

Itulah penjelasan mengenai penyebab dan faktor risiko dari kanker serviks pada wanita. Hindari hal tersebut demi menangkal serangan kanker serviks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar